Wednesday, January 6, 2010

Mengenal format-format file untuk sebuah Image

PSD (Photoshop Document)
Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali. Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali.

BMP (Bitmap Image)
Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. Anda dapat mengkompres format file ini dengan kompresi RLE.
Format file ini mampu menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.

EPS (Encapsuled Postcript)
Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar. Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak.
Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah final.� Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping path.

JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.

GIF (Graphic Interchange Format)
Format file ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik. Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.

TIF (Tagged Image Format File)
Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.

PCX
Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation. Format file ini merupakan format yang fleksibel karena hampir semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini. Format file ini mampu menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmpa dan Indexed Color.

PDF (Portable Document Format)
Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat, dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vektor. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap. Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini sering menggunakan kompresi JPG dan ZIP, kecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT.


PNG (Portable Network Graphic)
Format file ini berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha channel.

PIC (Pict)
Format file ini merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh dan program pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar aplikasi. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1 alpha channel serta Indexed Color, Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel. Format file ini juga menyediakan pilihan bit antara 16 dan 32 bit dalam mode warna RGB.

TGA (Targa)
Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel, juga Grayscale, Indexed Color, dan RGB dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel. Format file ini berguna untuk menyimpan dokumen dari hasil render dari program animasi dengan hasil output berupa sequence seperti 3D Studio Max.

IFF (Interchange File Format)
Format file ini umumnya digunakan untuk bekerja dengan Video Toaster dan proses pertukaran dokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System. Format file ini dikenali hampir semua program grafis yang terdapat dalam PC serta mampu menyimpan gambar dengan mode warna Bitmap. Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel.

SCT (Scitex Continous Tone)
Format file ini digunakan untuk menyimpan dokumen dengan kualitas tinggi pada komputer Scitex. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale namun tidak mampu menyimpan alpha channel.

PXR (Pixar)
Format file ini khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image Computer. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan Grayscale dengan 1 alpha channel.

RAW
Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform. Format file ini mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.

DCS (Dekstop Color Separation)
Format file ini dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar untuk .eps. Format ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel dan CMYK dengan 1 alpha channel dan banyak spot channel. Format file ini mampu menyimpan clipping path dan sering digunakan untuk proses percetakan (publishing). Ketika menyimpan file dalam format ini maka yang akan tersimpan adalah 4 channel dari gambar tersebut dan 1 channel preview.

FORMAT KOMPRESI
Beberapa program terutama yang berorientasi pada publikasi elektronik dan multimedia selalu memerlukan format file yang berukuran kecil agar ketika dibuka tidak akan lambat. Untuk keperluan tersebut diperlukan kompresi.
Berikut ini format file yang berorientasi publikasi elektronik dan multimedia dengan kompresinya masing-masing.

RLE (Run Length Encoding)
Kompresi ini mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detail. Digunakan oleh Adobe Photoshop, TIFF dan sebagian besar program yang terdapat dalam Windows.

LZW (Lemple-Zif-Welf)
Sama seperti kompresi RLE, kompresi ini juga mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detail. Kompresi ini digunakan oleh TIFF, PDF, GIF, dan format yang mendukung bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik untuk mengkompres gambar dengan area besar yang menggunakan 1 warna.

JPG (Joint Photographic Experts Group)

Format ini mengkompres file dengan menghilangkan detail. Format file ini sering digunakan oleh JPG, PDF, dan format yang menggunakan bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik digunakan untuk gambar dengan continous tone seperti foto.

CCIT
CCIT merupakan singkatan dari bahasa Perancis yang dalam bahasa Inggris disebut International Telegraph and Telekeyed Consultive Commitee.
Kompresi ini digunakan untuk mengkompres gambar hitam putih, dan mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detailnya. Kompresi ini sering digunakan oleh PDF dan format lain yang menggunakan bahasa postscript.

CATATAN

* Ketika menyimpan dokumen pada format file yang tidak dapat menyimpan informasi layer, maka Anda harus mengubah gambar tersebut menjadi flaten image terlebih dulu.
* Format file yang dapat menyimpan mode warna Duotone hanyalah EPS, RAW, dan PSD. Oleh karena itu, ketika ingin menyimpan dalam format lain maka Anda harus mengubah mode warnanya terlebih dulu, menjadi RGB bila dokumen tidak ingin dicetak, karena informasi Duotone-nya akan diuraikan menjadi RGB.
* Format file yan dapat menyimpan mode warna Lab Color hanyalah PSD, RAW, TIF, PDF, dan EPS. Format file yang dapat menyimpan mode warna CMYK hanyalah PSD, RAW, EPS, TIF, JPG, PDF, dam SCT.
* Mode warna Indexed Color dapat menyimpan beberapa format file sesuai seting indexed color-nya.
* Mode warna RGB dapatdisimpan pada semua format file yang ada di Adobe Photoshop.
* Format yang direkomendasikan oleh para desainer profesional adalah
.PSD = untuk dokumen yang masih ingin diedit kembali
.EPS = untuk dokumen yang sudah final untuk persiapan cetak
.JPG = untuk cetak dengan kompresi di atas 8 bit dan untuk foto dalam web dengan kompresi di bawah 5.
.GIF = untuk ilustrasi dan animasi pada halaman web.
.TIF = untuk cetak, pertukaran dokumen antar platform serta sequence animasi





[+/-] Read more...

Contoh Rendering Video

http://www.mediafire.com/?tynmrzenmjn




[+/-] Read more...

Cara membuat Park Bench

Sebuah bangku yang cukup sederhana adalah obyek, dan max membantu kita dengan alat-alat besar yang membuat pembuatan sebuah breze bangku ini jika Anda tahu caranya.



Sebelum segalanya, aktifkan maxs generik sistem pengukuran metrik. Dari "Customize" menu pilih "Satuan setup" dan dalam dialog memilih metrik dan sentimeter. Sekarang semuanya diatur untuk membuat sebuah bangku dalam kehidupan nyata langkah.

Dari membuat panel, bukannya standar primitif, Choo diperpanjang dan dari talang kotak. Di atas talang viewport menggambar kotak. Beralih ke memodifikasi panel dan ketik nilai-nilai ini: Panjang: 200cm, Lebar: 15cm, Tinggi: 2,5 cm dan Fillet: 0.25cm. Panggil bench_board objek ini.



Kami akan menciptakan kuku yang akan memegang papan dan alas bangku bersama. Di depan memperbesar viewport bagian dari papan dan dari panel menciptakan memilih bentuk dan membuat profil kasar paku. Seperti di bench_board objek picture.this.



Beralih ke panel dengan memodifikasi baris yang dipilih, pergi ke objek sub dhuwur modus dan pilih titik sudut seperti dalam gambar. Tambahkan Fillet (fillet modifu perintah di properti saat Anda menghidupkan objek sub dhuwur modus dan sudah diatur pada vertexes dipilih) dari 0.40cm dan Anda akan mendapatkan profil dibulatkan baik paku. Untuk menyelesaikan model itu, keluar dari obyek sub modus dan dari daftar pengubah menambahkan bubut ke profil. Dalam memilih properti mesin bubut las inti, dan pada kelompok align memilih max. Menghidupkan dan menghasilkan koordinat pemetaan pilihan dan nama obyek baru ini "kuku".





Salin kuku dengan pergeseran salinan tiga kali dan meletakkannya di atas papan di tempat-tempat dewan akan melekat pada basis. Seperti dalam gambar ini.



Sebelum pengaturan telepon internet, pastikan jika halaman web Anda hosting menawarkan layanan ini. Tidak semua layanan web hosting yang kompatibel dengan fitur tersebut. Meskipun internet nirkabel, situs yang menawarkan layanan web hosting gratis biasanya tidak terbiasa untuk membawa data yang berat. Kebanyakan seo dilema solusi untuk web hosting murah yang menempel dapat diandalkan host.

Kita bisa menambahkan bahan untuk papan dan paku langsung. Buka materi aditor dan pilih yang pertama slot bebas dan pergi untuk mendapatkan materi, dengan opsi telusuri dari perpustakaan, menemukan folder dengan maxs materi liabraries. Buka "kayu" dan pilih "kayu tua" materi daripada seret ke slot gratis. Terbuka daripada "logam" dan menemukan "besi tua". Menambah kayu papan dan logam ke kuku.



Sekarang untuk langkah berikutnya. Pilih papan dan paku dan kelompok mereka sebagai Obyek dan memberikan sebuah nama apropariate. Dengan objek yang dipilih, pergi ke hierarki panel, nyalakan "poros mempengaruhi hanya" dan memilih untuk menyelaraskan pilihan dunia. Kita akan menggunakan ini nanti.

Di depan viewport, unzoom dan membuat bentuk baru (membuat panel, bentuk, garis) itu akan menjadi baris bangku dari sisi di mana kita akan mengalikan papan kita. Pilih halus untuk menyeret jenis dan mencoba menarik garis seperti dalam gambar ini.




Bila Anda puas dengan tampilan, pilih forum dari menu utama dan daripada pilih "tools" daripada "alat spacing". Sebuah alat spacing dialog akan muncul, Turn on the "memilih jalan" tombol dan pilih baris bangku. Papan akan muncul pada panjangnya. Jika Anda mengaktifkan pilihan follor, dewan akan mengikuti jejak. Sekarang Anda dapat meninggalkan nilai default "Bagilah datar", "Obyek di ujung-ujung" dan pada "Count" set default bukannya 3, dimasukkan ke dalam papan sebanyak yang Anda inginkan. Saya kasus ini saya memilih 11 yang berada di bawah hitungan Aku meletakkan 11. Mungkin Anda akan ingin berbeda untuk membentuk bech Anda.



Pilih papan pertama yang kami gunakan untuk menduplikasi dengan jarak alat. Dalam kasus saya saya menghapus papan terakhir sehingga aku mendapatkan bangku yang lebih bagus. Juga alat spaceing mungkin tidak berada pada papan dalam posisi yang optimal. Anda dapat memperbaiki hal ini dengan tangan untuk mendapatkan profil yang lebih baik.





Sekarang untuk dasar bangku. Pilih bentuk, garis, dan di bawah "seret" pilih "cornet" dan menarik garis yang pada bagian atasnya mengikuti garis bawah papan dan dalam bentuk yang sedikit lebih rendah trapezoic bentuk. Seperti dalam gambar.



Tambahkan bevel pengubah untuk baris ini. Untuk nilai-nilai set:

Tingkat 1
Tinggi 2 cm
Outline 2 cm
Level 2
Tinggi 10 cm
Tingkat 3
Tinggi 2 cm
Outline -2 cm

Dan dasar bangku selesai. Yang harus kita lakukan sekarang adalah menambahkan material dan membuat salinan dan posisi ini di tempat mereka. Pilih bebas ketiga slot di material editor, dengan mendapatkan materi, buka peta materi browser, maxs matlibs telusuri direktori dan di dalamnya bahan-bahan beton perpustakaan. Dari yang satu ini memilih abu-abu dan menambahkan materi ke basis kami hanya dibuat. Dengan pergeseran pilihan salinan, membuat orang lain dan berada dalam posisi viewport atas mereka sehingga mereka sejajar dengan kuku.

Bangku taman Anda selesai. Anda bebas untuk bereksperimen dengan bahan, menambahkan pemetaan yang berbeda atau apa yang pernah Anda inginkan.



[+/-] Read more...